23/11/10

Menampilkan Gravatar pada Kotak Komentar

icon-gravatar Apa itu Avatar ? Avatar merupakan gambar yang menjadi perwakilan diri sahabat blogger di dunia internet. Ketika rekan-rekan blogger melakukan komentar pada sebuah blog atau website tertentu, situs tersebut secara otomatis akan menampilkan avatar yang kita gunakan, seperti contoh pada gambar disamping.
Apa pula yang dimaksud dengan Gravatar ? Gravatar adalah singkatan dari Global Recognized AVATAR. Ini merupakan Avatar yang teringtegrasi secara global gunanya adalah untuk menampilkan avatar diri anda. Dengan Gravatar kita tidak perlu repot lagi untuk menampilkan gambar rekan-rekan disemua website atau blog yang dikomentari.
Jika sahabat blogger belum memiliki Gravatar, ketika melakukan komentar maka avatar yang ditampilkan adalah Avatar standart dari settingan blog itu sendiri. Gravatar secara otomatis akan digunakan ketika sahabat melakukan komentar mencantumkan alamat email yang sudah terdaftar di gravatar.com. bagi sahabat blogger yang pernah mendaftar di WordPress.com, IntenseDebate, VideoPress dan Polldaddy bisa langsung menikmati layanan ini.
Bagi yang belum pernah, sahabat blogger bisa mendapatkan Gravatar dengan mendaftarkan emailnya di Gravatar.com
Mau tau Caranya ? Langsung kita praktekkan :)
1. Kunjungi situs http://en.gravatar.com/.
2. Kemudian pilih Sign Up dan memasukkan alamat E-Mail yang digunakan.
avatar01
3. Proses aktivasi email dilakukan, link aktivasi dikirimkan melalui email tersebut.
4. Klik link yang dikirimkan ke E-mail.
5. Lalu pilih username yang diinginkan, jgn lupa klik dahulu tombol check. Jika tersedia, masukkan password baru. Lalu klik tombol Signup.
avatar02
Proses pendaftaran telah selesai dijalankan.
6. Langkah berikutnya adalah proses mengupload photo. Untuk mengupload photo sahabat arahkan pointer mouse ke tulisan My Account, lalu klik Add an Image.
avatar03
Silahkan pilih metode pemilihan gambar yang diinginkan, sebagai contoh saya menguploadnya dari komputer. Pilih tombol My computer’s hard drive. Klik Browse, lalu pilih file foto yang sahabat inginkan, kemudian klik Next.
avatar04
Ubahlah ukuran gambar yang akan ditampilkan. Setelah itu klik Crop and Finish!.
7. Kemudian pilih rated G, seperti gambar dibawah ini.
avatar05
8. Selesai. Contoh hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
avatar06
NB : Gravatar akan berfungsi ketika kita melakukan komentar pada kotak komentar yang meminta alamat e-mail sahabat, bisanya lebih banyak digunakan pada blog yang ber-engine Wordpress.

3 comments:

Anonim mengatakan...

test

Anonim mengatakan...

test

Sayidina Dahlan (Alland) mengatakan...

ok

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar disini...