03/12/10

Mengenal Perancangan Edit HTML

Setelah Mengenal Perancangan Element Halaman kita lanjut untuk Mengenal bagian Perancangan Edit HTML pada blogspot. Banyak Perubahan yang bisa kita lakukan dalam pengeditan template HTML. seperti menghilangkan navbar blogspot pada edit html dll.

Pilih Link Rancangan pada dasbor blogspot anda.


Lalu Pilih Link Menu Edit HTML.



Kemudian Anda akan melihat Tampilan seperti dibawah ini dan akan saya coba terangkan sesui dengan yang telah tandai sesuai nomor.


klik gambar untuk memperbesar

Keterangan:

1. Download Template Lengkap = Mendownload Template blog anda demi keamanan jika terjadi kegagalan/galat saat perubahan kode html template. mem-backup template blog anda sebelum melakukan perubahan pada html sangat disarankan supaya bisa kembali seperti template sebelumnya.

2. Browse Upload template = digunakan untuk meng-upload template yang telah anda download dari para penyedia dan pembuat template blogger. dengan ini anda juga dapat meng-upload template yang telah anda download lengkap sebagai backup (no. 1).

3. Unggah = Download, tombgol yang harus di klik setelah alamat template tertera pada kolom browse template (no 2).

4. Expand Template Widget = di ceklis ketika anda akan melakukan edit html yang lengkap dengan bagian-bagian widget lebih rinci. ceklis menu ini hanya digunakan jika anda benar-benar mengerti pengeditan template html, atau dipandu dengan tutorial yang praktis.

5. Text Are HTML = ini adalah area utama melakukan perubahan html pada template blog anda. menghapus, merubah dan menambah kode html sesuai dengan aturan kode HTML/CSS/Java Script.

6. Kembalikan template widget ke default = Link ini hanya di klik jika template standar blogger yang anda gunakan mengalami eror/galat ,dengan alasan  sulit untuk di perbaiki dan ingin mengembalikan kembali ke setingan dasar template tersebut. Melakukan Reset template widget  ini akan menghilangkan setingan perubahan yang telah anda lakukan pada template tersebut dan juga dapat menghilangkan Widget/gadget yang telah anda pasang pada blog anda.

7. Bersihkan Edit = Digunakan ketika anda ingin mengembalikan html kembali seperti sebelum melakukan perubahan. Bersihkan edit tidak berfungsi jika anda telah melakukan Simpan Template.

8. Pratinjau = Digunakan ketika anda ingin melihat perubahan edit html template pada blog anda sebelum melakukan Simpan Template.

9. Simpan Template = Tombol ahir yang harus di klik setelah yakin akan perubahan edit html template blog anda sempurna.

10. Pilih Template Tata Letak = Digunakan jika anda ingin menggunakan template standar blogger tahun 2006 -2010. template jenis ini juga didukung pengeditan Elemen Halaman namun tidak didukung pengeditan rancangan baru, seperti perubahan font, warna latar blog,dll.

11. Kembali Ke Template Klasik | Lihat Template Klasik = Ini adalah template paling jadul dari blogger.com yang sangat sulit digunakan bagi blogger pemula. Sebaiknya jangan sentuh link ini.

Semoga anda sekarang mengenal perancangan edit HTML template blog anda dengan baik, jika masih kurang jelas, segera hubungi para master blogger yang anda kenal atau ajukan pertanyaan pada kotak komentar dibawah.

Salam Bertuah,
Post by : Bang Ais

2 comments:

bangful mengatakan...

mana keterangannya bang ais...

ABDULLAH,S.Pd mengatakan...

makasi byk bg atas materi yg di berikan pada kami hari ini.moga abg mau membantu kami lagi

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar disini...